Latest News

4 langkah Meningkatkan Kekuatan Sinyal Wi-Fi

Cara Meningkatkan Kekuatan Sinyal Wi-Fi - Ada 4 langkah atau tips dalam memaksimalkan kecepatan jaringan wifi anda, baik itu di rumah, di kantor, atau dimana pun tips nya cukup simple. Seperti kita ketahui memang banyak hal yang dapat menyebabkan gangguan atau interferensi tersebut. Tapi, sinyal Wi-Fi yang kuat dapat memberikan kecepatan jaringan dan akses yang lebih tinggi serta cakupan area yang lebih luas, ada beberapa yang harus kalian pahami diantara nya silahkan baca kiat-kiat dibawh ini, semoga nanti setelah kalian baca lalu kalian terapkan sehingga dapat hasil yang maksimal pula. 
Berikut langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kekuatan sinyal Wi-Fi :

1. Arahkan antena ke atas
Nah seperti kita ketahui bersama router pada umumnya memiliki antena fisik yang adjustable artinya pemilik wifi bisa mengaturnya sendiri. Secara default, biasanya antena router ini diarahkan secara horizontal agar tidak memakan tempat saat masih di dalam kotak. Untuk kekuatan sinyal yang maksimal, arahkan antena router Anda secara vertikal mengarah ke atas. Jika ada dua antena, arahkan juga kedua antena tersebut vertikal ke atas. Tidak benar bahwa dengan mengarahkan masing-masing antena ke arah yang berbeda dapat memberikan performa yang lebih baik.
2. Letakkan router dengan benar dan tepat 
Ini adalah langkah paling penting untuk memaksimalkan kecepatan wifi anada yaitu meletakkan router di tengah-tengah wilayah yang ingin Anda berikan sinyal. Di dalam rumah atau gedung kantor, letakkan router di sekitar pusat bangunan untuk memaksimalkan cakupan wilayah. Jika Anda meletakkan router di salah satu sisi gedung saja, maka sisi di seberang tidak akan memperoleh sinyal yang bagus. Ketahuilah bahwa semakin jauh posisi router maka semakin lemah pula sinyal yang dapat diterima. Peletakkan router juga mesti di tempat yang tinggi, misalnya di atas lemari.
3. Hindari penyebab interferensi
Jangan menaruh router di dekat objek metal yang besar, seperti lemari besi atau filing cabinet. Metal dan dinding batu dapat menghalangi sinyal, sedangkan kayu tidak. Oven microwave, serta alat-alat elektronik yang memiliki frekuensi sinyal yang sama dengan frekuensi Wi-Fi Anda, juga dapat mengganggu transmisi sinyal. Solusinya, Anda dapat memindahkan barang-barang ini agar tidak berada di antara router dan komputer. Atau, Anda juga dapat mengganti alat elektronik tersebut dengan alat yang bekerja pada frekuensi berbeda.
4. Pilih channel paling baik dan berkualitas tinggi
Di lingkungan tempat tinggal Anda mungkin ada beberapa jaringan Wi-Fi lain milik tetangga. Jaringan-jaringan lain itu juga dapat menyebabkan interferensi sinyal. Solusi terbaik ialah dengan mengganti channel Wi-Fi yang Anda gunakan dengan channel yang memiliki tingkat interferensi paling rendah. Hal ini dapat dilakukan dengan membaca buku panduan router .

Terimkasih telah berkunjung Semoga bermanfaat!
Baca juga articel dibawah ini ya...!!!