Latest News

Tutorial Cara Menambah RAM Smartphone Android

Cara Menambah RAM Android –  Inilah topik yang akan kita bahas pada kesempatan ini. seperti kita ketahui sekarang ini telah banyak pengeluaran model-model android demgan spesifikasi terbatas dan harganya cukup terjangkau, ini banyak kita temukan pada bagian hardwarenya. Dan telah banyak banget pengguna ponsel Android
murah dengan spesifikasi rendah ini yang mengeluhkan karna lambatnya sistem kerja android yang spesifikasi rendah tersebut, apalagi kalau pada android anda ini telah diinstal berbagai macam aplikasi dan game. ini sangat fatal sekali.

Masalah ini  muncul karena telah banyak ponsel android murah demgan mengusung spesifikasi mengusung RAM yang sangat kecil kecil yaitu antara 256-512 MB. Sebenar nya untuk ukuran Android versi 4.2 yang notabene menjadi OS yang paling banyak digunakan saat ini sangat membutuhkan kapasitas memori yang cukup besar. Jadi wajar-wajar aja jika ponsel menjadi sangat lelet ketika menjalankan aplikasi atau game.
Nah tapi tidak usah kawatir disini saya telah menyediakan sebuah trik untuk mengatasi masalah ponsel yang lelet tersebut  tersebut, Ini merupakan cara menambah RAM android anda dengan memanfaatkan keberadaan SD Card (memori eksternal) sebagai RAM tambahan yang dikenal sebagai SWAP RAM. jika anda sudah pernah mendengarnya, akan tetapi belum pernah mencobanya, silahkan coba sekarang, untuk yang ingin mengatasi lambatnya kinerja smartphone android.Berikut Tutorialnya :)

Cara menambah RAM Android

Serti yang telah saya katakan sebelumnya Metode yang digunakan kali ini adalah SWAP RAM File. Metode ini sangat berguna kalau anda manfaatkan khususnya bagi ponsel android vendor lokal yang tidak mendukung Swap RAM partisi karena harus mengubah kernel android pada root system. Berikut ini tutorialnya bos..

Persiapan dan bahan yang diperlukan:
1. Aplikasi RAM Manager Pro
2. Android Root

Cara menambah RAM android :

  • Download dan Install aplikasi ram manager pro melalui Google Play Store,setelah selesai kemudian langsung jalankan. Jika ada notifikasi permintaan akses superUser maka pilih Allow



  • Setelah itu akan muncul beberapa opsi pengaturan seperti gambar di ats.


  • Beri cek list pada opsi Set On Boot, lalu pilih menu Swap File


  • Selanjutnya pilih besaran RAM yang akan ditambahkan, misalnya 256 MB (sebagai batas maksimal)



  • Kemudian proses akan berjalan untuk membuat File SWAP. Proses ini membutuhkan waktu 3-5 menit. Tunggu sampai Applying Setting success. Jika sudah selesai maka akan muncul folder path di memori card sebagai berikut /sdcard/rammanager (cek melalui file manager)


Nah Jika dalam folder tersebut terdapat file bernama swapfile dengan ukuran sama besar dengan yang anda tentukan tadi (dalam contoh 256 MB) maka Virtual RAM menggunakan SD Card sukses terinstal.

Semoga Articel ini membantu mengatasi masalah lelet pada smartphone android anda :)

0 Response to "Tutorial Cara Menambah RAM Smartphone Android"