Latest News

Kandungan Serta Manfaat Daun sirih hijau (Ranup)

Kandungan Serta Manfaat Daun sirih hijau (Ranup)-Selamat siang sobat, wow bicara soal tumbuhan memang menyenangkan sekali bukan, inilah salah satu bukti bahwa Allah itu maha kaya dan maha segala-galanya, baiklah pada kesempatan ini Admin akan mengulas sedikit tentang apa-apa saja kandungan dan manfaat yang terdapat dalam daun sirih hijau untuk kesehatan kita.
Sirih atau Ranup (bahasa aceh) adalah salah satu dedaunan yang kaya akan manfaat, contoh nya didaerah saya memakan ranup atau sirih ini telah menjadi sebuah
tradisi yang masih melekat hingga sekarang, jika tidak percaya silahkan anda mendatangi aceh bahkan seluruh aceh dan tidak heran lagi orang tua hingga anak-anak banyak yang mengkonsumsi seperti pada acara-acara kekeluargaan,
Pengalaman saya makan sirih biasanya sirih ini di makan dengan dicampur biji yang telah di belah- halus kemudian kapur kusus untuk sirih memang kalau belum terbiasa memakan sirih rasa nya akan sedikit tersa aneh, alias sedikit pedas, kalau sobat sering mengkonsumsi daun sirih juga bisa kecanduan lo seperti rokok, tapi tidak berbahasa :) ok Selain sebagai tradisi di aceh ranup atau sirih hijau ini memiliki kandungan yang sangat luar biasa berikut kandungan sirih hijau diantaranya adalah :
  • Fenil propana
  • Minyak atsiri
  • Hidroksikavicol
  • Estragol
  • Kavicol
  • Kavibetol
  • Allylpyrokatekol
  • Caryophyllene
  • Cyneole
  • Cadinene
  • Diastase
  • Tanin
  • Pati
  • Seskuiterpena
  • Terpennena dan gula.

Nah semua zat diatas inilah yang membuat sirih menjadi tanaman yang kaya manfaat dan kegunaannya karena dapat menyehatkan manusia. Selain kandungan juga terdapat manfaat pada tumbuhan yang wangi ini berikut manfaat yang terkandung dalam daun sirih hijau ini diantaranya :
  1. Bisa mengobati penyakit Asma, Apabila anda mempunyai penyakit asma anda bisa mengkonsumsi daun sirih ini.
  2. Dapat Mengobati radang tenggorokan, 
  3. Bisa membantu menghilangkan bau ketiak, untuk apa membeli deodoran toh jika habis nya kembali lagi seperti semula bahkan jika berhenti pakai deodoran baunya tanbah parah, untuk itu silahkan anda pakai yang alami yaitu daun sirih
  4. Dapat mengobati eksim, atau penyakit kulit lainnya, kurap, kutu air semunya bisa
  5. Air rebusan sirih juga dapat digunakan untuk membersihkan mata anda.
  6. Meminum air rebusan sirih juga bisa membantu memperlancar haid yang tidak teratur
  7. Tanaman Sirih juga bisa mengusir lalat, semut, nyamuk dan serangga lainnya.
  8. Sirih hijaau bisa dijadikan obat mimisan, caranaya ambil selembar daun sirih lalu digulung, sumpalkan kehidung anda. dijamin mimisan anda akan reda
  9. Menghilangkan bau mulut, jika anda secara rutin berkumur dengan rebusan Sirih Hijau maka bau mulut tidak sedap pun akan hilang.
  10. Cairan daun Sirih Hijau, bisa dijadikan sebagai obat semprot hama dan tidak membuat tanaman mati. Hama penyakit yang menyerang tanaman bisa sirna.
  11. Menguatkan Gigi dan Dapat mengobati gusi yang bengkak. Caranya adalah cukup kunyah daun Sirih Hijau secukupnya atau berkumur dengan menggunakan rebusan daun sirih ini. maka sakit gigi dan gusi bengkak secara berangsur-angsur akan hilang.
  12. Daun Sirih Hijau juga dipercaya mampu untuk mengobati keputihan. caranya rebus daunnya dengan porsi secukupnya. air rebusan tersebut dapat diminum dan disamping itu airnya juga digunakan untuk membasuh miss V.
  13. Mengobatisariawan, daun sirih hijau dapat dijadikan solusi yang baik untuk mengatasinya. caranya cukup kunyah daunnya atau bisa juga kumur dengan rebusannya.
  14. Daun sirih hijau juga dipercaya dapat untuk mengobati penyakit demam berdarah. caranya, minum rebusan daunnya, air rebusan itu bisa mematikan kuman yang menjadi penyebab demam berdarah. Atau bisa juga oleskan daun Sirih Hijau yang telah dihaluskan ke tubuh, maka nyamuk penyebab demam berdarah tidak akan berani menggigitnya.
  15. Dapat mengobati dan menyembuhkan luka bakar. Caranya panaskan daun sirih hijau agar layu, kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar.
  16. Daun sirih hijau juga bisa menghilangkan gatal-gatal di kulit. Caranya cukup oleskan daun Sirih Hijau yang sudah ditumbuk halus ke bagian tubuh yang gatal-gatal.

Wah, Banyak sekali bukan manfaat dan kegunaan dari daun sirih atau Ranup ini, untuk itu mulailah menanam daun sirih di pekarangan rumah anda, biasanya sirih ini akan lebih mudah hidupnya di dinding-dinding rumah atau di pohon-pohon. karna tumbuhan ini menjalar, ada juga lo manfaat nya, yaitu rumah kita menjadi dingin :D