Latest News

Ini Penyebab dan cara mencegah Baterai Smartphone Membesar/Meledak

Ini Penyebab dan cara mencegah Baterai Smartphone Membesar/Meledak | Halo semuanya pembaca yang budiman dimana pun anda berada pada kesempatan kali ini bertemu lagi dengan saya , kali ini android waras akan memberikan sebuah tips yang sangat berguna buat kalian. Tips ini akan mencegah baterai smartphone kalian menjadi membesar dan membengkak hingga meledak apabila kelebihan arus yang disimpan akibat panas. Ini merupakan masalah yang sering dihadapi oleh pengguna ponsel, khususnya bagi ponsel yang sudah berumur.
Apa penyebab baterai Smartphone Membesar?

Ada beberapa penyebab kenapa baterai HP bisa menggelembung. Ada yang bilang, baterai HP menggelembung karena sering over charge, atau kelamaan nge-charge HP. Kadang kala kita sering kelupaan ngecharge HP kelamaan, apalagi ngecharge saat malam, bisa semalaman tuh baterai dicharge. Banyak yang mengatakan hal semacam ini juga bisa menyebabkan baterai menggelembung. Oleh karena itu, kalian jangan meremehkan ponsel apabila melakukan cas dalam waktu yang sangat lama karena hal tersebut bisa saja terjadi pada android kalian

Bagaimana cara mencegah baterai Smartphone Membesar ??
  1. Kurangi waktu memegang ponsel sesaat, seperti mengirim SMS, bermain game, dan lain-lain. Jadi selain membuat kemampuan baterai tidak cepat habis, bisa membuat baterai tidak panas. 
  2. Jangan melakukan apa-apa saat ponsel sedang dicharge kecuali jika ada masalah penting. 
  3. Jangan meng-charge ponsel (ngecas HP) dengan charge duduk. Hal ini hanya akan membuat proses kembung baterai lebih cepat. 
  4. Jika baterai ponsel sudah panas, jangan dikeluarkan dan didinginkan dengan udara, lebih baik biarkan baterai tersebut berada diponsel. 
Tapi jika sudah terlanjur membesar ini cara mengatasinya, silahkan ikuti langkah dibawah ini
  • Gunakanlah baterai original asli produsen yang memang buat si ponsel dan apabila tidak ada bisa menggukan baterai dengan merk dari produsen-produsen yang sudah terkenal kualitasnya. Mungkin kalian mudah tergoda dengan harga baterai yang murah sehingga kalian langsung membeli baterai tersebut. Hal yang dilakukan tersebut adalah salah, harga baterai yang murah biasanya akan mudah terjadi hal diatas. 
  • Jangan tinggalkan perangkat di area yang panas, apalagi saat melakukan pengisian baterai. Hal tersebut akan memudahkan membesarnya baterai ponsel dikarenakan suhu panas. 
  • Ketika kalian sedang menggunakan ponsel atau dalam keadaan pengisian, sebaiknya lakukan hal itu ditempat yang ada ventilasi angin masuk. Ruangan yang dingin membuat ponsel tersebut berkurang tingkat panas baterainya. 
  • Dan yang terakhir ini cukup mengejutkan. Sebaiknya pengisian dilakukan diatas 50% isi baterai, sehingga baterai ponsel kalian tidak mendapat masalah memory dari banyak baterai, namun dapat rusak dalam tegangan rendah 
Nah, itulah sedikit tips Cara Mencegah Baterai Smartphone Membesar/Meledak semoga bermanfaat untuk semua ya :)

Baca juga articel menarik lain nya dibawah ini :)