Latest News

(How to) Cara Mudah Install CWM Recovery Untuk Galaxy Young S5360

Android Waras- Kali ini admin akan coba posting tentang bagai mana cara istal CWM Recovery pada Galaxy Yuoang yang mana Sebuah perangkat Android sudah dilengkapi dengan recovery mode, namun dengan keterbatasan fiturnya membuat pengguna kesulitan untuk melakukan tweak. Oleh sebab itu ClockworkMod menyediakan custom recovery. Custom recovery tersebut diberinama CWM Recovery, yang akan Android Waras berikan tutorial cara install CWM Recovery pada Galaxy Young S5360 diartikel kali ini.

Ada 2 cara untuk menginstall CWM Recovery pada Galaxy Young S5360:
Jika Galaxy Young S5360 sudah terinstall CWM Recovery dan hanya ingin mengupdate/upgrade ke versi terbaru akan lebih mudah karena hanya melakukan install tanpa bantuan komputer. Caranya flash melalui CWM Recovery yang sudah terinstall.
Perlu menggunakan Odin pada komputer untuk melakukan flashing cwm recovery yang berekstensi tar.md5.



Persiapan Install CWM Recovery pada Galaxy Young S5360
  • Instal driver USB untuk Samsung Galaxy Young S5360, untuk mentransfer file antara perangkat Android dan komputer. pilih sesuai ponsel anda
Google Nexus / ADB SDK: Download Google USB Driver.

Samsung: Download Samsung USB Driver or Download Samsung KIES (driver USB sudah termasuk “ Windows/Mac).

Lenovo: Download Driver Lenovo atau Qualcomm.
  • Aktifkan mode USB Debugging pada Galaxy Young S5360 untuk menghubungkan perangkat Android dengan komputer dan menggunakan SDK Android.
  • Galaxy Young S5360 kamu harus memiliki daya baterai di atas 55%.

Cara Install CWM Recovery pada Galaxy Young S5360 dengan CWM Recovery


Langkah 1#  Silahkan Download CWM Recovery (pilih yang terbaru) untuk Galaxy Young S5360.

Langkah 2# Sambungkan Galaxy Young S5360 ke PC dengan menggunakan kabel Data/ USB Cable

Langkah 3# Copy file yang sudah di download tadi ke kartu memori.

Langkah 4# Matikan Galaxy Young S5360.

Langkah 5# Yakinkan ponsel dalam keadaan mati kemudian nyalakan ponsel dengan menekan tombol “Home + Volume Up + Power” secara bersamaan

Langkah 6# Sekarang ponsel berada pada ClockworkMod Recovery mode, pertama silahkanWipe Data, Wipe Cache, masuk Advanced -> Wipe Dalvik Cache (ini akan mengembalikan ponsel kepengaturan awal jadi ingat aplikasi yang berada pada internal memory akan hilang).

Langkah 7# Dalam Recovery Mode , pilih Install zip from sdcard kemudian choose zip from sdcard. Kemudian arahkan ke file “recovery-clockworkmod-6.0.x.x-totoro.zip” yang sudah di download dan di salin ke kartu memori tadi. Pilih menggunakan tombol Menu / Power dan mengkonfirmasi instalasi dengan memilih Yes pada tampilan berikutnya

Langkah 8# Proses install berjalan dan tunggu proses selesai.

Langkah 9# Silahkan masuk Reovery Mode kembali untuk mengecek.




Cara Install CWM Recovery pada Galaxy Young S5360 dengan Odin di Komputer

Langkah 1# Download CWM Recovery (pilih yang terbaru) untuk Galaxy Young S5360.


Langkah 2# Download ODIN v1.85 untuk membantu proses install Galaxy Young S5360, jangan lupa extract.

Langkah 3# Matikan Galaxy Young S5360 dan masuk ke Download Mode dengan menekan dan menahan tombol Volume Down + HOME kemudian POWER dengan bersamaan.

langkah 4# Jalankan Odin3 pada komputer.


Langkah 5# Colokkan kabel USB pada Galaxy Young S5360 kalian untuk menghubungkannya dengan komputer. Sebuah pesan yang mengatakan “Added” akan tampil di bawah kotak pesan Odin. Kalian juga harus lihat COM port dengan nomor dibagian yang berwarna kuning jika perangkat berhasil tersambung.



NB : Jika kalian tidak melihat pesan “Added”, kemudian coba port USB lain. Jika itu masih tetap sama silahkan instal ulang driver USB.


Langkah 6# Sekarang pilih file yang ada untuk flash / install di Galaxy Young S5360. File-file ini dapat ditemukan dari langkah 1.
Klik “PDA” dan pilih file yang sudah didownload. Ekstensi file “.tar.md5″ atau “.tar”.

Langkah 7# Di Odin, centang Auto Reboot dan F. Reset Time. Adapun pilihan Re-Partition, centang jika kalian memilih file .PIT (tambahan).

Langkah 8# Klik tombol “Start” di Odin untuk memulai proses instalasi.

Langkah 9# Setelah proses instalasi selesai, kalian akan melihat pesan “Pass” dengan latar belakang hijau di kotak paling kiri di bagian atas Odin. Galaxy Young S5360 kalian akan secara otomatis reboot dan kalian akan segera bisa melihat logo Samsung. Kalian bisa dengan aman mencabut kabel USB dari Galaxy Young S5360 untuk melepaskannya dari komputer.

Langkah 10# Matikan ponsel, kemudian tekan dan tahan tombol Home + Volume Upkemudian Power untuk masuk ke Recovery Mode.